• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Monday, July 6, 2015

Belajar pagi.? Kenapa Engga.

Selama bulan ramadhan kita wajib hukumnya bagi yang muslim untuk menjalankan ibadah puasa, nah kadang sehabis sahur kita memilih untuk melanjutkan tidur sampai pagi.
Padahal waktu setelah subuh adalah waktu yang paling optimal untuk belajar, kok bisa begitu? akan coba kakak jelaskan kenapa belajar pagi hari lebih efektif dari pada belajar semalam suntuk.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa belajar saat subuh lebih efektif daripada belajar hingga larut malam. Mengapa demikian? Pada malam hari tubuh kita terlalu letih akibat aktivitas sepanjang hari. Otak tidak dapat bekerja secara optimal pada tubuh yang lelah. Tubuh akan mengirimkan signal berupa rasa ngantuk sebagai protes terhadap kondisi tubuh yang sudah tidak bersahabat. Akibatnya, belajar kalian penuh dengan keterpaksaan.

Ada beberapa poin yang akan kakak jabarkan salah satunya adalah :



Lebih Segar. Karena otot-otot tubuh telah diistirahatkan, kini mereka kembali bekerja dengan sigap. Anda tidak lagi berperang dengan rasa capek dan pegal-pegal. Alhasil, pikiran lebih terfokus.
Terhindar dari rasa kantuk. Mata dan pikiran Anda masih jernih sehingga tidak perlu berperang dengan rasa kantuk.
Manfaat Belajar saat subuh
sumber gambar: kompasiana.com

  1. Lebih produktif.Percaya atau tidak, menghafal saat subuh lebih mudah daripada saat malam hari. Mungkin, karena pikiran dan badan segar sehingga konsentrasi mudah didapat.
  2. Berhasil memecahkan soal sulit.Pada saat tidur, tubuh kalian memproduksi hormon serotonin yang berfungsi menurunkan stres. Efek dari hormon ini adalah peningkatan kemampuan Anda dalam memecahkan suatu masalah secara dingin. Nah, dengan demikian kalian dapat memecahkan berbagai soal sulit saat subuh.
  3. Konsentrasi penuh.Konsentrasi mutlak diperlukan saat kalian belajar. Ketika tidur, tubuh memproduksi hormon noreadrenalin sebagai pembangkit konsentrasi. Bila kalian belajar saat subuh, kadar serotonin dan noreadrenalin dalam jumlah tinggi sehingga dapat dengan mudah berkonsentrasi.
  4. Mempercepat proses berpikir.
    Hal ini disebabkan saat subuh udara masih kaya akan oksigen. Oksigen diperlukan untuk membuat energi di otak sehingga proses berpikir menjadi lebih lancar. Pada malam hari, tumbuhan mengeluarkan karbondioksida yang kurang baik untuk otak sehingga proses berpikir ikut lambat.
  5. Lebih fokus.
    Nah spesial untuk bulan puasa, kalian telah cukup makan ketika sahur sehingga kondisi perut sudah cukup terisi, sehingga tidak terasa lapar. Seperti kebiasaan orang indonesia yang lebih sering menyantap makanan sahur tidak terlalu banyak, sehingga kondisi perut sangat cocok karena tidak terlalu penuh atau kosong.
  6. Nyaris tanpa gangguan.Saat subuh keadaan lingkungan masih sepi sehingga konsentrasi kalian tidak terganggu. Bayangkan jika kalian belajar di siang hari yang panas dan bising, pasti rasanya sungguh tidak nyaman. Saat subuh masih jarang kendaraan berlalu-lalang, bahkan sebagian besar manusia masih tertidur, jadi tidak dapat mengganggu Anda.
  7. Cuaca mendukung. udara subuh terasa segar sehingga turut mendukung belajar kalian. Berbeda dengan siang hari yang gerah sehingga membuat kalian tidak dapat konsentrasi.
Nah begitulah 7 poin tentang efektifitas belajar di pagi hari. Cobalah sesekali untuk membuktikan teori tersebut ga ada ruginya kok. Jika memang bermanfaat bisa berlanjut di pagi selanjutnya.


Kontak NUBID

Penasaran dengan produk kami ? dan pengen tanya-tanya langsung aja kirim email atau datang ke workshop kami.


Workshop NUBID

Jl. Inspeksi kayu tinggi Cakung Jakarta Timur

Kontak

0857-4273-4144 (Tlp, SMS, Whatsapp)
BBM 7254587x

Founder

Nuansa Dewangga

"Be Creative In Simplicity"